Nothing Impossible

Nothing Impossible

Sabtu, 24 November 2012

CARA MEMBUAT GRAFIK 3D DI MATLAB


Cara membuat Grafik 3D di Matlab
Categories:
Grafik 3D
  • plot3
plot3 berfungsi untuk menggambar grafik garis 3 Dimensi
Sintak umum : plot3(x1,y1,z1,S1,x2,y2,z2,S2,…)
Keterangan:
xn,yn,zn : vector atau matriks
Sn: karakter string, bersifat opsional, untuk mengatur warna, symbol, style garis
Contoh :
»t=0:pi/50:10*pi;
» plot3(sin(t),cos(t),t,’-o’)
» title(‘Helix’),xlabel(‘sin(t)’),ylabel(‘cos(t)’),zlabel(‘t’)
» text(0,0,0,’titik asal’)
sintak perintah menambahkan text : text(x,y,z,’string’)
mengatur axis : axis(xmin,xmax,ymin,ymax,zmin,zmax).
Merubah sudut pandang:
Grafik 3D mempunyai sudut pandang, yang disebut dgn azimuth dan elevasi. Nilai default azimuth=-37.5o dan elevasi= 30o.
Perintah untuk merubah sudut pandang adalah view(az,el)
Contoh :
menggambar 3 buah grafik garis 3D dalam satu figure
» x=linspace(0,3*pi);
» z1=sin(x);
» z2=sin(2*x);
» z3=sin(3*x);
» y1=zeros(size(x));
» y2=ones(size(x));
» y3=y2/2;
» plot3(x,y1,z1,x,y2,z2,x,y3,z3)
contoh perubahan sudut pandang:
» subplot(2,2,1);
» plot3(x,y1,z1,x,y2,z2,x,y3,z3)
» title(‘default, Az=-37.5 El=30)
» view(-37.5,30)
» subplot(2,2,2);
» plot3(x,y1,z1,x,y2,z2,x,y3,z3)
» title(‘dirotasi ke 52.5)
» view(-37.5+90,30)
» subplot(2,2,3);
» plot3(x,y1,z1,x,y2,z2,x,y3,z3)
» title(‘elevasi menjadi 60)
» view(-37.5,60)
» subplot(2,2,4)
» plot3(x,y1,z1,x,y2,z2,x,y3,z3)
» title(‘Az=0 El=90)
» view(0,90)
» grid
Beberapa fungsi view:
view(2)mengeset sudut pandang ke default 2 dimensi, az=0, el=90
view(3)mengeset sudut pandang ke default 3 dimensi, az=-37.5, el=30
[az,el]=view Memperoleh nilai azimuth dan elevasi dari grafik yang ada
Mesh
Perintah Mesh berfungsi untuk membuat grafik dari fungsi dengan dua variabel z=f(x,y). Hasilnya berupa grafik yang tampilannya seperti jala.
Contoh:
» x=-7.5:0.5:7.5;
» y=x;
» [X,Y]=meshgrid(x,y);
» R=sqrt(X.^2+Y.^2)+eps;
» Z=sin(R)./R;
» mesh(X,Y,Z)
Melihat bagian grafik yang tersembunyi:
Perintah hidden off akan membuat bagian grafik yang tersembunyi menjadi terlihat.
Cobalah perintah hidden off di bawah perintah mesh(X,Y,Z). Untuk menyembunyikan lagi, ketikkan hidden on
meshgrid berfungsi untuk membuat matriks X yang baris-barisnya duplikat dari matriks x, dan Y yang kolom-kolomnya duplikat matriks y. Lebih jelasnya, perhatikan hasil dari contoh berikut:
» x=2:0.5:5
» y=x*2
» [X,Y]=meshgrid(x,y)
Variasi perintah mesh adalah meshc dan meshz, sintaknya sama dengan sintak mesh
Waterfall
Perintah waterfall menghasilkan grafik yang sama dengan perintah mesh, tetapi garis-garis jala hanya tampak dari arah sumbu x.
Contoh
» waterfall(X,Y,Z)
Surf
Perintah surf berfungsi untuk menggambar grafik bidang permukaan. Sintaknya sama dengan perintah mesh.
Contoh :
surf(X,Y,Z)
Ada dua variasi perintah surf, yaitu surfc dan surfl
Contour, Pcolor dan Quiver
Pcolor merupakan ekuivalensi 2 dimensi dari surf.
Contour menggambar grafik garis yang sesuai dengan ketinggian bidang
Quiver memberi arah panah, banyak digunakan untuk menggambar medan magnet
Shading interp; mengubah bayangan/warna menjadi interpolasi
Contoh :
» [X,Y,Z]=peaks(30);
» [X,Y,Z]=peaks(30);
» surf(X,Y,Z)
» pcolor(X,Y,Z)
» shading interp
» hold on
» contour(X,Y,Z,19,’k’) % gambar 19 garis contour warna ‘k’ (hitam)
» [dy,dx]=gradient(Z,0.5,0.5);
» quiver(X,Y,dx,dy)
» cs=contour(X,Y,Z); %mengambil angka sesuai contour/ketinggian
» clabel(cs) % memberi label angka sesuai ketinggian
Sumber : dari besmart.uny.ac.id materi aplikom(kuswari 2010)
dengan sedikit perubahan

Tidak ada komentar: